5 Piramida Kuno Terbesar di Dunia


5 Piramida Kuno Terbesar di Dunia - Piramida kuno didirikan dalam sejumlah bentuk dan ukuran. Di Mesir, piramida berfungsi sebagai makam para raja-raja. Selain itu, Piramida juga digunakan sebagai lokasi menimbun harta raja berupa perhiasan, artefak dan barang-barang berharga yang lainnya.

Berikut adalah 5 Piramida Kuno Terbesar di Dunia :

1. Piramida Merah

5 Piramida Kuno Terbesar di Dunia

Piramida Merah didirikan oleh Firaun Sneferu. Piramida ini mempunyai panjang 220 meter dan tinggi 104 meter. Piramida merah sempat jadi piramida terbesar di Mesir, hingga pembangunan Piramida Giza. Piramida ini juga dikatakan Piramida Utara dan adalah yang paling besar dari tiga piramida utama yang terdapat di pekuburan Dahshur.

2. Piramida Matahari

5 Piramida Kuno Terbesar di Dunia

Piramida Matahari adalah bangunan paling besar di Teotihuacan dan salah satu yang paling besar di Mesoamerika. Ditemukan di sepanjang Avenue of the Dead, di antara Piramida Bulan dan Ciudadela. Tinggi piramida ini mencapai 71,2 meter dan didirikan dalam dua tahap.

3. Bent Pyramid

5 Piramida Kuno Terbesar di Dunia

Seperti halnya Piramida merah, Bent Pyramid merupakan piramida Mesir kuno yang terdapat di pekuburan kerajaan Dahshur, sekitar 40 kilometer ke arah selatan Kairo. Piramida ini didirikan di bawah Kerajaan Lama Firaun Sneferu ( sekitar 2600 SM ). Ini adalah piramida kedua yang didirikan oleh Sneferu dan mempunyai tinggi 101,1 meter.

4. Piramida Khafre

5 Piramida Kuno Terbesar di Dunia

Piramida Khafre merupakan piramida terbesar kedua di Giza, usai Piramida Khufu, yang didirikan oleh ayah Khafre, Khufu. Piramida ini mempunyai panjang 215,5 meter dan tinggi awal 143,5 meter, Namun kini tingginya jadi 12 meter lebih pendek. Fitur yang paling khas dari Piramida Khafre merupakan lapisan paling atasnya dibikin dari batu halus.

5. The Great Pyramid of Khufu

5 Piramida Kuno Terbesar di Dunia

The Great Pyramid of Khufu merupakan peninggalan paling tua dan satu-satunya dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Lebih dari 2 juta blok batu dipakai buat mendirikan piramida ini, selama 20 tahun - sekitar tahun 2560 SM. Piramida ini mempunyai panjang 230 meter dan tinggi 139 meter.